A-Blog!

All about my special moments, stories, thoughts, or anything.

18/02/14

Turun Tangan Pontianak in Action!

Beberapa bulan yang lalu, saya tergabung dalam sebuah gerakan yang skalanya se Indonesia, yang seluruh anggotanya bergerak atas dasar percaya dan optimisme terhadap seorang tokoh, Anies Baswedan. Ya, saya adalah salah satu relawan Turun Tangan, khususnya  region Pontianak (@TurunTanganPTK). Siapa Anies Baswedan? Apa itu Turun Tangan? Come on, ini 2014, jangan malas buat cari info. Cek aniesbaswedan.com dan turuntangan.org serta relawan.turuntangan.org untuk melihat tulisan-tulisan relawan, saya pikir disana sudah sangat bisa menjawab pertanyaan itu.

Tidak hanya urun angan, tapi Turun Tangan!
Bagaimana awalnya saya bisa 'tercebur' dalam gerakan ini? Takdir, saya rasa. Karena ceritanya seperti kebetulan. Saya memang seperti terarahkan untuk sampai disini. Tapi keputusan bergabung sesungguhnya itu butuh pemikiran juga. Gerakan berbau politik yang notabene mendukung seorang tokoh menjadi presiden, dan itu bukan main-main. Saya dulu buta sama sekali tentang politik, sekarang pun masih dalam proses belajar. Yang saya tau, politik itu licik. Makanya saya takut diperalat. Tapi, ketika saya menggali lebih banyak tentang siapa Anies Baswedan, mengapa ia ingin menjadi presiden, apa visi misinya, dan apa itu Turun Tangan, maka saya menyimpulkan, ini gerakan yang luar biasa!

Jadi, ada seorang tokoh yang diminta untuk mencalonkan diri menjadi presiden,kemudian beliau menyanggupi. Namun beliau tidak 'nampang' di media ataupun baliho. Bagaimana mungkin masyarakat tau bahwa ia layak jadi presiden? Kemudian terbentuk lah suatu gerakan dukungan, yang isinya adalah orang-orang tulus dan ikhlas mendukung tanpa dibayar, karena mereka tau, yang didukung adalah orang yang tepat (dengan track record bisa dibilang tanpa cacat). Mereka mendukung dengan cara yang berbeda, mereka turun tangan langsung membantu permasalahan yang terjadi di negeri ini, bencana, pendidikan, kebersihan, maupun aksi-aksi lain,tidak sekedar bicara, tidak sekedar urun angan, tapi turun tangan. Ini yang menggugah hati saya. Seorang tokoh bisa menggerakkan 10.000 lebih orang dan sebegitu banyak orang bisa menaruh rasa kepercayaan tinggi kepadanya, rela turun tangan untuk melakukan aksi nyata. Betapa sistem yang mengagumkan, saya merinding tiap melihat aksi relawan Turun Tangan yang begitu semangat dan ikhlas...

Disinilah saya, aksi kami di Turun Tangan Pontianak memang tidaklah besar, belum cukup untuk mengubah Pontianak semaju kota-kota di Pulau Jawa, belum cukup untuk mengembalikan hutan yang telah hilang, belum cukup untuk menyelesaikan kasus human trafficking. Tapi saya percaya, perubahan besar selalu bermula dari hal yang kecil. Maka kami lakukan apa yang kami bisa dan mampu. Inilah aksi kami : City Clean Up di Taman Alun Alun Kapuas Pontianak.

Ini adalah kali kedua kami melakukan city clean up (bagi saya yang pertama). Memang benar,sudah ada petugas kebersihan. Memang benar, tempat sampah sudah disediakan. Tapi, yang terlihat di lapangan adalah, begitu rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, bahkan tempat sampah tidak sampai 3 meter didepan mereka. Maka, inilah sesungguhnya visi kami, bukan hanya membersihkan kota dari sampah, tapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebersihan kotanya sendiri.

Inilah yang terjadi. Kami berseragam merah, memang tidak dengan kuantitas yang banyak, tapi semangat kami menggebu-gebu. Beraneka ragam tanggapan orang, ada yang bingung, bertanya-tanya, mengapresiasi (bahkan mendoakan agar kami dapat pahala), dan ada yang ikut turun tangan membantu memungut sampah. Ini yang membuat saya pribadi tersentuh. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, turut bergerak memungut sampah disekitar mereka. Saya tersentuh karena ternyata aksi ini menular. Kami semua berharap agar sejak hari itu, siapapun disana yang ikut dan melihat aksi ini, ketika akan membuang sampah sembarangan mereka akan ingat ini, dan kemudian mengurungkan niatnya.

Secara kebetulan (atau telah digariskan), saat kami melakukan aksi, sedang ada orasi dari sebuah ormas. Orasi itu benar-benar semacam soundtrack bagi kami, entah apa yang diteriakkan, tapi orasi itu mengiringi dari awal hingga akhir aksi kami. Orasi ormas bubar, meninggalkan jejak berupa sampah yang terhampar. Mereka seperti memberi kami pekerjaan lembur. Kami bergerak maju ke depan pentas bekas orasi, memunguti 'peninggalan' mereka yang ironisnya baru saja berbicara tentang INDONESIA dengan lantangnya, kemudian kami biarkan orang-orang berspekulasi. Ini seperti setali tiga uang...

Turun Tangan Pontianak in Action!
Begitulah aksi kami, kecil namun semoga bermakna. Indonesia butuh lebih banyak orang yang mau beraksi nyata untuk membawa perubahan bagi Indonesia yang lebih baik. Mari kita sama-sama turun tangan, bahu membahu,bergotong royong untuk mewujudkannya :)

Mission completed. Sampai jumpa di aksi berikutnya. Salam pejuang!

Last but not least...
http://aniesbaswedan.com/inspirasihttp://aniesbaswedan.com/inspirasi

http://aniesbaswedan.com/inspirasi


2 komentar:

  1. Salam dari Turun Tangan Gorontalo. :)
    Walaupun kami belum banyak kegiatan yang dibuat karena baru saja terkumpul, tapi kami juga mempunyai semangat yang sama dengan relawan lain bahwa lebih baik Turun Tangan daripada Urun Angan. Dan seperti kata pandji pragiwaksono: hanya ada 2 pemuda di dunia ini. Pemuda yang Membuat Perubahan dan pemuda yang menuntut perubahan. Dan kami relawan Turun Tangan memilih untuk membuat perubahan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai relawan, salam pejuang! :)
      Iya, semoga kita semua yang tergabung dalam turun tangan dapat terus konsisten dan tekun untuk mencapai tujuan kita :)

      Hapus

mau kemana kakak? komen dulu dong...

All about my special moments, stories, thoughts, or anything.

Your Number!

Categories

Who is "A"?

Foto saya
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Hello, there! I'm a medical practitioner, hmm but not really... hahaha. It's a pleasure for me to get you here, visitors!

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *

To get the latest update of me and my works

>> <<