A-Blog!

All about my special moments, stories, thoughts, or anything.

20/12/13

Tingkatkan Mutu Pendidikan, E-Learning Jadi Jawaban


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mampu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia di era modern seperti sekarang ini. Berbagai dampak positif maupun negatif bermunculan seiring dengan tingginya penggunaan TIK. Pengguna yang bijak tentu mampu mengekplorasi dan memanfaatkan TIK untuk hal-hal yang positif, serta mampu menghindari terjadinya penyalahgunaan. Salah satu contoh pemanfaatan kecanggihan TIK, sedang digalakan saat ini dalam dunia pendidikan, yaitu metode pembelajaran E-Learning.

Metode E-Learning (Electronic Learning) merupakan suatu angin segar dalam dunia pendidikan. Metode ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan dan minat belajar siswa. Metode E-Learning adalah konsep belajar-mengajar dimana dalam penyampaiannya memanfaatkan kecanggihan TIK yaitu media elektronik seperti internet, audio/video tape, dan lain-lain. Metode ini memungkinkan guru untuk lebih variatif dan kreatif dalam menyampaikan materi ajar sehingga murid mampu menyerap pembelajaran dengan lebih baik. Metode E-Learning sangat fleksibel karena tidak terikat waktu maupun jarak.

Dengan metode E-Learning, aktivitas belajar-mengajar antara siswa dan guru akan dapat tetap berjalan walaupun tanpa tatap muka langsung. Guru yang berhalangan hadir di kelas, tidak lagi menjadi suatu hambatan, sebab guru dapat mengajar dan berinteraksi dengan siswa dari jarak jauh melalui media internet. Penggunaan media internet ini juga memungkinkan guru untuk melakukan pengajaran secara paralel (lebih dari satu kelas secara bersamaan), sehingga akan menjadi lebih efisien.

Selain itu, dengan media internet, diharapkan siswa dapat dengan mudah mengakses informasi tambahan yang berkaitan dengan materi ajar saat kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Hal ini dapat melatih siswa untuk tanggap dan kritis terhadap informasi yang baru diperoleh. Guru juga dapat menstimulasi siswa untuk memperluas wawasan dan melatih kreativitas mereka melalui tugas-tugas yang memerlukan media internet.

Selain media online seperti internet, metode E-Learning juga dapat menggunakan media offline seperti audio/video tape. Perekaman suara maupun video saat kegiatan belajar-mengajar berlangsung dikelas, akan sangat bermanfaat bagi siswa ketika akan mempelajari kembali bahan ajar tersebut. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa. Selain itu, siswa yang berhalangan hadir saat kelas berlangsung pun dapat memperoleh pembelajaran yang sama melalui rekaman suara maupun video tersebut.

Metode E-Learning ini tidak hanya dapat diterapkan intra-sekolah, namun juga inter-sekolah, sehingga dapat menjalin hubungan baik dan memudahkan dalam pertukaran informasi antar sekolah. Sekolah-sekolah tersebut nantinya diharapkan dapat saling bekerjasama dalam peningkatan mutu pendidikan.


Keberhasilan metode E-Learning sangat bergantung pada fasilitas pendukung yang ada disekolah, seperti jaringan internet dan media-media elektronik. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang selaras dan sejalan antara pihak sekolah dengan pihak terkait untuk pengadaan fasilitas tersebut. Selain itu, pemahaman guru dan siswa tentang metode E-Learning juga penting untuk diperhatikan agar visi yang dituju dapat tercapai. Hal yang tidak kalah penting dalam pengoperasian metode E-Learning ini adalah pengawasan yang ketat terhadap guru dan siswa agar tidak terjadi penyalahgunaan. Metode E-Learning yang diterapkan secara baik dan benar dalam sistem pendidikan di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan Indonesia secara umum, dan mutu pelajar secara khusus, yang pada akhirnya akan mampu bersaing secara global.

0 Comments:

Posting Komentar

mau kemana kakak? komen dulu dong...

All about my special moments, stories, thoughts, or anything.

Your Number!

Categories

Who is "A"?

Foto saya
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Hello, there! I'm a medical practitioner, hmm but not really... hahaha. It's a pleasure for me to get you here, visitors!

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *

To get the latest update of me and my works

>> <<