A-Blog!

All about my special moments, stories, thoughts, or anything.

02/07/12

Belajar Gitar

Selamat siang semuanyaaahh. Ini blog dibuat disaat saya menahan lapar karena listrik baru nyala, jadi baru bisa masak nasi, padahal cacing udah pada demo dari tadi. *sedih sedih sedih*

Kenapa GITAR? Gitar ini kan alat musik yang kayaknya paling diminati deh. Aku juga penasaran, gimana sih cara main nya? susah gak ya? dirumah, gak ada yang bisa main gitar. Gak punya abang sih u,u Rata-rata cowok kan pada bisa ya. Dulu pas masih SD sempet sih diajarin sama tetangga tentang kunci dasar nya, tapi itu gak dilanjutin. Ya karna tetangga saya itu mau sekolah ke kota, dan saya kan gak dapat wasiat untuk memiliki gitarnyaa -_- Jadi yaudah deh, hilang sama sekali itu yang udah diajarin. Nah, keinginan untuk punya gitar itu sebenarnya berawal dari ngeliat teman cewe yang jago mainnya! Dulu pas SMA kan sering banget bikin konser kalo gurunya gak datang, nah mereka itu pengiringnya. Lainnya yang pede bersuara bagus, ikutan nyanyi. Lainnya lagi yang pede tapi suara pas-pasan. jadi beking pokal. Nah, lainnya lagi yang udah gak pede, pas-pasan lagi, itu disuruh ke kantin beli makanan hehe gak deng -_-v

Bermula dari situ tuh, wih, kayaknya asik nih kalo bisa main gitar. Kalo bosan dirumah gak ada yang ngajakin jalan kan, bisa genjrang genjreng sekalian pelampiasan~ Singkat cerita deh, aku nabung dan duitnya kekumpul (setelah mengalami fluktuasi cukup panjang), baru deh cari teman buat bantuin milih gitar. Soalnya aku emang katrok soal yang beginian, makanya jadi kepooh sama si gitar sekseh :3

Semingguan yang lalu, pulang UAS, langsung deh aku cuss kerumah rizka (@Rizka_Anisa16). Rizka ini bersedia dengan ikhlas buat ngantarin dan ngajarin aku gitar. And the story begin from here... (kacau inggrisnya, bodo amat)

Baruuu aja nyampe rumah Rizka, eh dianya mau keluar, mau ke bank bentar katanya. yaudah aku ngikut aja, daripada kayak kambing congek nungguin sendirian. Padahal dalem ati "ah elah, udah gak sabar ini" mueheheheh. Mau selebar apalagi ini pantat kalo disuruh sabar mulu *heh?* Cuss, pulang dari bank, kirain mau langsung nih, gak tau nya Rizka ngajakin minum Es Kelapa dulu. Uuuuuh Rizkaaa, sini aku cubit -_-" Yasudah, karna matahari juga pas dikepala, kayaknya enak juga ngademin hati. Enak lah, gratis sih ^.^ Ciri khas Rizka tu gitu deh, kalo kita udah maen kerumahnya, apapun, skali lagi APAPUN, yang ada akan disajikan ke muka anda. Kadang ya gak enak juga, tapi....kalo dipaksa....boleh deh. *terpaksa loh ya*

*nasi udah mateng, nulis sambil makan* #inipenting

Nah, setelah nge-es, Rizka ngajak makan -______- demen banget ye, bikin aye beginiiih, hidup dalam ke-tidakpasti-an... padahal sebelum kesini, aku udah makan di kampus. Kurang lebar apakahhh?! Yah, akhirnya sih ikutan makan juga *mihihihih* Habis makan dan cuci piring *sebagai tamu yang bertanggung jawab, harus gitu!* akhirnyaaaa jalan juga ke toko musik pertama. Tokonya agak gede, gitarnya banyak, tapi....berdebu kayak gak dirawat. iuwhhh.. pada gak beres juga, ada yang senarnya geser lah, ada yang udah retak lah. aduhaduh... Akhirnya aku tanya harga juga, jaga imej dong. Harganya sekian ratus, terus aku tawar jadi sekian ratus. Gak mau dia, ya emang itu sih tujuan aku nawar, cuma biar bisa kabur dari situ. Eh...pas berapa langkah keluar toko, kita dipanggil lagi! Gila, kirain strategi itu hanya jitu di KP (Khatulistiwa Plaza). Harganya diturunin dikit, tapi gak sampe tawaran aku yang tadi. Biar mereka gak ngejar lagi, Rizka pun mengiming-imingi mereka dengan kalimat "Nanti aja kesini lagi Kak!" Oke sip, langsung ngacirrr~

Toko Kedua, agak kecilan, tulisannya sih Toko "MUSIC and SPORT", tapi gitar gak ada coba! zzzzz. Aneh bener. Akhirnya ke toko ketiga, ini juga aku udah lemes dan no hope. Tempatnya lebih kecil lagi. Mau parkir aja susah. Akhirnya rizka mulai lagi nih bikin aku greget, dia ngajakin parkir ke warkop punya ortu-nya di deket situ. Okelah, demi keamanan dan kenyamanan. Akhirnya kita jalan kaki dari warkop ke toko yang lumayan juga jaraknya ternyata. Pas masuk, WOW, banyak gitar nya dan di tata rapih banget! Asooy. Rizka lah situ yang nego-nego dan nanya-nanya. Cuma buat deal nya aja tanya aku. Aku gak gitu ngerti , banyak amat jenisnya! solo lah, akustik lah, classic lah. Kayak magnum aja. Tapi aku pilih yang akustik, soalnya suaranya lebih gede dari solo dan harganya lebih murah dari classic. Mueheheh. Ada yang bilang, cari gitar yang pas buat kita itu sama susah nya kayak cari jodoh! ebusyet! Itu mungkin buat gitaris profesional yang ngerti luar-dalam tentang gitar. Nah kalo aku biasa aja tuh, tidak mengalami kesulitan, kecuali...kesulitan menentukan harga -_- Setelah mengalami negosiasi yang cukup pelik hingga turun pasal tentang perbuatan tidak menyenangkan, didapatlah MY FIRST GUITAR Yamaha FG-320
ini penampakan Yamaha FG-320

no more choice..
Ntah lah ini jenis apa, yang penting bisa bunyi! Harganya 200ribu + case nya, udah di tawar-tawar dia kekeuh gak mau nurunin lagi. Eh, pas mau bayar, dibalikin 5000, katanya buat beli buku chord gitar di toko ujung sana. iiiih baik deh :'3 Bener aja, harganya emang 5000. Dan dari 68 lagu yang ada, cuma 5 lagu yang aku kenal. Emang lagu indonesia perkembangannya cepat skali yah. ckckck

Setelah di setel sama orang toko nya, kita pun balik....ke warkop. Dan itu gak langsung pulaanggg Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ) Minum-minum plus makan-makan gratis dulu, bakal aku nikmati skali smua hidangan ini, kalo aku nya lagi gak ngebet giniiii Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ) Ya, setelah berhahahihi disitu akhirnya balik juga ke rumah Rizka. Yeahhh let's starttttt!!! \m/ Eeeeeh, kayaknya masih mesti bersabar lagi nih. Suara nya masih amat sangat sumbang! ah elah, gimana itu tante toko nya, jangan-jangan gak ngerti juga! Mukanya sih meyakinkan banget tadi pas nyetel nya. Rizka dan kakak nya (mantan gitaris waktu SMA) gak bisa nyetelin, apalagi aku! Akhirnya kita cari sodara Rizka, abang-abang gitu, yang rumahnya dibelakang rumah Rizka. Belom nyampe ke tujuan, kita dicegat om-om yang lagi nyantai diteras rumahnya *Ampuunn apa lagi ini??* 
"Mau kemana ? Pinjam lah gitarnya sini.." ebusetdaaah. emang sih, tampang kita berdua udah kayak apaan aja, awut2an, nenteng2 gitar lagi. 
"Ini om, mau minta setelin gitr ke abang"
"Ooooooooh, bisa sini sini, om bisa setelkan". Pasrah saja. ngek ngek ngek. 
Untung om nya baek, cuma tampangnya aja rada serem. Setelah selesai disetel, dia cuma minta imblan "pinjam ya gitarnya nyanyi 1 lagu aja". Okelah, never mind. Dan belakangan aku baru nyadar, lagu ini bakalan jadi sejarah dalam hidup aku, karna ini lah lagu pertama yang dimainkan pake gitar aku! Hening seketika. Tarik napaaasss, hembuskan.....
"...walau, raga kita terpisah jauh, namun hatiku kan slalu dekaat!"
ngek ngookkk. Wah om ini mengukir sejarah manis, makasih om, udah meresmikan gitar saya dengan tembang Zivilia -___-" Singkat cerita, balik kerumah Rizka. Lalu aku diajarin kunci-kunci dasar, yang ternyata Naudzubillah rempongnyaaa >:O udah ketuaan kali ye, makanya susah banget ngapal letak-letak ke-7 chord dasar itu. Zzzzz. Saking salah-salah mulu akunya gara-gara susah ngapal, kakak Rizka nyuruh aku motretin tangan dia yang membentuk kunci-kunci. Biar bisa belajar dirumah gitulohhh
Chord Am
Chord C


Rizka, dengan sabar, nyontohin lagu Remuk Jantungku
Setelah mengenal beberapa lagu, aku pun disuruh nyobain lagu yang ada dibuku gaje yang tadi dibeli itu. Akhirnya diputuskan lah lagu pertama yang akan aku pelajari : REMUK JANTUNGKU -GEISHA. Asoyy. Suka juga sih aku sama lagu ini. Kunci nya simpel banget, 1 lagu cuma ada 4 kunci yang diulang-ulang. Kunci C, Am, F, G. Ituuu aja diulang-ulang. Tapi sampe sekarang beloooom juga lancar. Heuheuheuuu. Jari-jari beneran udah kapalan ini. Aku udah nyari akal, gimana caranya biar bisa tetap belajar, tapi jari gek perlu gitu amat sakitnya. Tercetuslah ide berikut : 
tiada berguna..


Emang iya sih jari gak sakit, tapi gitarnya juga gak bunyiiii! -___- Yasudah akhirnya, pake cara normal aja. 

Gitu aja guys, cerita perburuan gitar dari aku, doain yaaa biar cepet jago :-( Ntar kalo udah jago, upload ah video nya :p


2 komentar:

  1. coba pake gitar yang senar nilon, mungkin gak akan sakit.. :)

    BalasHapus
  2. begitu ya.. :| abis gak ngerti sih, hehe

    BalasHapus

mau kemana kakak? komen dulu dong...

All about my special moments, stories, thoughts, or anything.

Your Number!

Categories

Who is "A"?

Foto saya
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Hello, there! I'm a medical practitioner, hmm but not really... hahaha. It's a pleasure for me to get you here, visitors!

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *

To get the latest update of me and my works

>> <<